Mengetahui Gejala Kerusakan Compressor Screw

Screw Compressor, Kompresor angin adalah alat yang mengubah daya menjadi energi potensial yang disimpan di tabung udara bertekanan. Dengan salah satu dari beberapa metode, kompresor angin volume yang semakin banyak udara ke dalam tangki penyimpanan, dapat meningkatkan sebuah tekanan udara dengan sangat cepat.

Udara terkompresi, kemudian, ditahan di dalam tangki untuk segera dapat penyimpanan sampai digunakan sesuai keperluan. Energi yang terkandung dalam udara terkompresi yang dapat digunakan pada berbagai aplikasi.

Berbagai pekerjaanpun agar dapat dilakukan menggunakan alat kompresor, seperti menggembungkan pelampung hingga alat-alat penggerak lainnya seperti pistol paku, sander, bor, dan impact wrenches, stapler, air duster, air gun,dsb.

Fungsi dari Kompresor Angin pada Kehidupan anda Sehari-hari antara lain adalah:

• Memasok udara yang bersih bertekanan tinggi untuk segera dapat mengisi tabung gas

• Memasok udara bersih bertekanan sedang ke dalam tabung udara penyelam

• Memasok udara yang bersih bertekanan sedang untuk segera dapat menggerakkan sebuah katup pada sistem kontrol HVAC pada pneumatik untuk gedung kantor dan sekolah.

• Memasok udara dalam jumlah besar udara yang dapat bertekanan sedang pada alat pneumatik listrik, seperti alat jackhammers

• Mengisi tangki udara yang sangat bertekanan tinggi (HPA)

• Untuk mengisi ban.

• menaikkan hidraulis mobil/motor.

seiring dengan berjalannya waktu pasti anda akan merasakan secara langsung  kinerja dari sebuah compressor yang semakin lama semakin menurun.. kenapa demikian? karena pada hakikatnya sebuah compressor screw tidak jauh berbeda dengan mesin kendaraan atau mesin pada umumnya. oleh sebab itu bila tidak dilakukan perawatan compressor secara berkala maka akan muncul gejala – gejala kerusakan pada compressor.

jelas bila sudah terjadi seperti itu, akan menghambat dan merugikan produksi perusahaan, mari kita ulas gejala apa saja yang timbul sebelum compressor udara anda mengalami kerusakan.

  • Shutdown / Mati Mendadak pada kasus ini terdapat beberapa banyak faktor salah satu hal perlu anda perhatikan untuk pertama kalinya adalah anda dapat melihat pada bagian tombol emergency stop, dikarenakan pada beberapa lokasi pabrik biasanya bisa karena parktikel debu yang masuk pada bagian tombol, sehingga tombol terkoneksi dan mengakibatkan konsisi mati mendadak, faktor lain adalah pada bagian power suply atau listrik, bila anda menjumpai kasus anda juga dapat cek pada bagian listrik dan power suplai.
    dan pada bagian terakhir yang perlu anda cek adalah indikator/monitor untuk mengetahui bahwa kompresor Anda mengalami masalah adalah kompresor mati mendadak saat operasi. Tergantung pada musim dan atau kondisi cuaca, kompresor udara Anda dapat dimatikan karena suhu lingkungan yang tinggi dan panas berlebih. Penyebab suhu tinggi bisa jadi karena pendingin yang tersumbat yang perlu dibenarkan atau filter udara kotor yang perlu diganti, untuk masalah internal yang jauh lebih kompleks, perlu ditangani oleh teknisi udara tekan bersertifikat. Jika shutdown dapat diatasi dengan menyemprot pendingin dan mengganti filter udara / saluran masuk, maka penggantian tidak perlu dilakukan, ini adalah masalah sederhana untuk mempertahankan pemeliharaan kompresor. Namun, jika masalahnya internal dan disebabkan oleh kegagalan komponen utama, Anda harus mempertimbangkan biaya perbaikan vs penggantian baru dan membuat keputusan yang sesuai dengan kepentingan terbaik perusahaan Anda.
  • Pressure Drop / Penurunan Tekanan Jika Compressor Anda mengalami penurunan tekanan, ini dapat mengindikasikan berbagai masalah yang harus diatasi sesegera mungkin. Seringkali, kompresor udara diatur ke pengaturan tekanan yang lebih tinggi daripada yang seharusnya diperlukan untuk operasi standar. Penting untuk memahami pengaturan tekanan untuk pengguna akhir (mesin yang menggunakan udara tekan untuk operasi mereka) dan mengatur tekanan kompresor udara sesuai dengan kebutuhan tersebut. Operator mesin biasanya yang pertama kali mengetahui penurunan tekanan, karena tekanan rendah dapat mematikan mesin yang sedang mereka kerjakan atau menghasilkan masalah kualitas produk yang sedang diproduksi.Sebelum mempertimbangkan untuk mengganti kompresor udara karena penurunan tekanan, Anda harus memiliki pemahaman penuh tentang sistem udara tekan Anda dan memastikan bahwa tidak ada variabel / hambatan lain yang berkontribusi terhadap penurunan tekanan. Penting untuk memeriksa semua filter in-line Anda untuk memastikan bahwa elemen filter (kartrid) tidak sepenuhnya jenuh. Selain itu, penting untuk memeriksa sistem perpipaan Anda untuk memastikan bahwa diameter pipa sesuai untuk panjang putaran serta kapasitas kompresor (HP atau kW). Bukan tidak biasa untuk pipa berdiameter kecil yang diperpanjang untuk jarak yang lebih jauh untuk menciptakan penurunan tekanan, yang pada akhirnya mempengaruhi pengguna akhir (mesin).
  • “Nge gel” atau oli menjadi kental seperti “jelly” merupakan prolem atau kerusakan yang cukup parah, jika menimpa sebuah mesin kompresor. penyebab utamanya adalah oli kompresor yang tercampur. Biasanya terjadi saat penggantian oli, ke oli jenis baru tanpa dilakukan pembersihan oli lama secara maksimal. akibatnya oli mengental karen asenyawa berbeda jenis yang tercampur. sehingga kompresor harus di bongkar total untuk memperbaikinya. Jika filter dan sistem perpipaan memeriksa, ok dan penurunan tekanan masih terjadi, ini mungkin mengindikasikan bahwa kompresor berukuran terlalu kecil untuk kebutuhan saat ini. Ini adalah saat yang tepat untuk memeriksa dan memahami apakah ada tambahan peralatan yang ditambahkan atau apakah kebutuhan produksi meningkat. Jika persyaratan permintaan dan aliran telah meningkat, kompresor saat ini tidak akan dapat terus menyediakan fasilitas dengan aliran yang memadai pada tekanan yang dibutuhkan, sehingga mengakibatkan penurunan tekanan di seluruh sistem. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menghubungi profesional penjualan udara terkompresi untuk melakukan studi udara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang permintaan udara Anda saat ini dan ukuran unit yang sesuai dengan kebutuhan.

nah agar compressor screw anda tidak memiliki kerusakan dan awet secara berkala anda dapat melakukan perawatan penggantian Air Filter, Oil Filter, Separator dan komponen yang lainnya, setiap penggunaan antara 4000 jam – 8000 jam

untuk selengkapnya anda dapat hubungi sales dan customer service kita:

Customer Srvice : 0815.4838.1199 (whatsapp Only)

This Post Has One Comment

  1. 1223

Tinggalkan Balasan